Toilet Ramah Perempuan dan Anak

Januari 2017 saya berkesempatan menjadi salah satu perwakilan Indonesia untuk Jenesys2016 Batch 4th for Islamic Students di Jepang. Selama satu minggu di Jepang banyak hal yang kami temui. Kami belajar tentang tepat waktu, sopan santun, keramahan, ketertiban, juga kebersihan. Salah satunya adalah kebersihan toilet orang Jepang.

Toilet adalah hal yang umum tapi sangat private dan dibutuhkan manusia. Berbagai generasi mengalami jenis toilet yang berbeda-beda. Di Jepang pun keberadaan toilet sangat diperhatikan. Jangankan di gedung-gedung besar, di tempat makan kecil pun kebersihan toilet sangat terjaga.

Rata-rata toilet Jepang adalah toilet kering modern dengan menu pencet-pencet di sisi kanan, bahkan ada yang bisa menyanyi. Jangan mencari jet shower atau gayung Karena tidak akan ditemukan. Karena toilet kering, keberadaan tissue sebagai pembersih selalu dijamin keberadaannya, walaupun toilet tetap bisa mengeluarkan air lewat bidet jika dibutuhkan. Di Indonesia tak jarang saya jumpai toilet kering di mall maupun bandara kerap kehabisan tissue sehingga terkadang harus aware dan membawa tissue sendiri. Saat di Jepang, jangan biarkan lantai toilet atau meja washtafel basah setelah kita pakai. Jaga selalu untuk tetap kering demi kepentingan pengguna toilet berikutnya.

img20170112092944

Jangan bingung ya kalo ketemu toilet seacam ini..

Yang membuat saya iri, di beberapa tempat sangat memperhatikan kebutuhan anak dan perempuan untuk urusan toilet.

Saya pernah menjumpai ada box bayi di dalam toilet wanita. Gunanya untuk meletakkan infant agar ibu bias ke toilet dengan nyaman.

Saat berhenti di rest area dalam perjalanan menuju Nagano dari Tokyo, saya jumpai toilet for kids. Toiletnya imut seukuran anak-anak, Karena jika menggunaka toilet orang dewasa pasti kesulitan Karena lubangnya terlalu besar. Kalau di Indonesia saya pernah melihat toilet kecil seperti ini di AEON mall Tangerang.

img-20170118-wa0014

Imut kaaannnn…

Saat pergi ke sebuah pusat perbelanjaan untuk makan siang, saya menjumpai toilet khusus untuk ibu yang membawa infant. Disediakan kursi khusus di dalam box toilet sehingga bayi bisa duduk nyaman saat Ibu menyelesaikan kebutuhannya. Disana juga disediakan meja khusus untuk ibu menggati popok bayinya. Nyaman kan?

1

Toilet Ibu-anak di salah satu pusat perbelanjaan di Odaiba. 

 

img20170116133257

Meja untuk ganti popok bayi..

Sebagai perempuan yang punya banyak teman beranak kecil, bisa saya bayangkan betapa lebih nyamannya toilet-toilet itu untuk mereka jika bepergian membaga baby-baby mereka. Bersih dan tidak khawatir terhadap anak-anak mereka karena nyaman.

Walaupun simbol-simbol keagamaan jarang terlihat sampai ke ruang publik, justru nilai-nilai keberagamaan nya bisa kita rasakan. Terutama umat Islam yang bersemboyan an nadzofatu minal iimaan. Sungguh kita wajib berkaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s