South Korea Trip Day 2: Friends Gathering and fangirling Kim TaeYeon

Dork kid leader, Kim TaeYeon.....one of some reasons we were in Jeonju

Dork kid leader, Kim TaeYeon…..one of some reasons we were in Jeonju

Hari kedua di Korea diawali dengan BANGUN KESIANGAN..!!!!

memang cuma telat bangun 30 menit, tapi imbasnya adalah jadwal kita seharian jadi delay 3 jam.

Setelah bangun dan siap-siap, tanpa sempat sarapan kita langsung meluncur menuju Nopo Bus Terminal sambil harap-harap cemas si kereta melaju lebih cepat dari biasa. Tet tooott..!!! Kami terlambat 10 menit dari jadwal bus yang kami pesan, plus pemberangkatan jam berikutnya sudah penuh, jadilah jam 11.40 kami baru melaju dari Busan menuju Jeonju. Inget ya….jadwal bus di korea itu on dot. Jangan coba-coba telat walau semenit!

Tiket yang

Tiket yang “akhirnya” membawa kami ke Jeonju

Hampir 3 jam di terminal kita habiskan sambil duduk-duduk saja. Wara-wiri masuk GS25 mencari pengganjal perut dan penghangat badan. Tidak lupa menyambangi stall odeng di dalam terminal. Kuah panas pedasnya seger banget makan odeng saat udara dingin.

Food stall di area terminal...odeng mas dicoba..

Food stall di area terminal…odeng mas dicoba..

Nasi instant dan banana uyu (susu pisang) yang enak sekali....menu sarapan kita begini aja sih tambah abon dan boncabe bekal dari Indonesia

Nasi instant dan banana uyu (susu pisang) yang enak sekali….menu sarapan kita begini aja sih tambah abon dan boncabe bekal dari Indonesia

Bus berhenti satu kali di rest area. Kami turun dan mencoba kue-kue bulat isi kacang merah yang dijual di salah satu food stall. Harga satu kantong 2000 krw isi 8 kue. Dan kuenya enaaakkkkkk…..namanya lupa.

Sampai di terminal Jeonju pukul 14.40 sesuai jadwal. KAmi mencari telepon umum terdekat. Aiiihhhh..nostalgia sekali deh nelpon pake koin..hehehe. Kami berdua adalah yang terakhir sampai di Jeonju. Sebelum kami sudah ada Jin Ah eonni dan Machhendra dari Seoul, Hye Rim eonni dari DAeojon, dan teman baru Nan Hee eonni.

Kami meninggalkan ransel-ransel besar di locker terminal, kemudian melenggang hanya berbekal daypack saja. Tujuan pertama adalah Hanok Village. Kita naik taksi aja dari terminal. Bayarnya sekitar 5ooo krw. Jeonju kotanya kecil, jadi kemana-mana lebih praktis naik taksi. Apalagi kalo tujuannya sedikit. Plus juga kami kan berbanyak, jadi satu taksi dibayar bertiga juga tidak terlalu berat.

Di Hanok Village, tempat yang pertama kami kunjungi adalah Jeondong Catholic Church…Foto-foto saja di depan gereja. Banyak lho remaja-remaja putri sliwar sliwer memakai hanbok. Jadi pengen…

This is it.. Jeondong Catholic Church..

Remaja-remaja putri Korea ber hanbok..

full team..! NanHee eonni, HyeRim eonni, JinAh eonni, Machhendra, Lika, Rifa

full team..! NanHee eonni, HyeRim eonni, JinAh eonni, Machhendra, Lika, Rifa di depan Jeondong Church

Selanjutnya kami jalan sedikit ke Gyeonggijeon Shrine. Dulu kata Jin Ah eonni masuknya gratis. Sekarang cukup bayar 1000 krw sajah..Yang terkenal dari Gyeonggijeon Shrine adalah potret King Taejo, pendiri Dinasti Joeseon. Ada juga potret raja-raja setelahnya. Ada juga tandu-tandu jaman lama, baju-baju yang dipakai pejabat jaman dulu, dan lain-lain.

map Gyeonggijeon Shrine..

Foto Gyeonggijeon Shrine di salah satu dinding..

Di depan Gyeonggijeon Shrine..

sukaaaa sekali sama foto ini.. :)

sukaaaa sekali sama foto ini.. šŸ™‚

met this cutipie......imyut sekaliiiiii....untung ama orang tuanya gak dikira mau diculik..

met this cutipie……imyut sekaliiiiii….untung ama orang tuanya gak dikira mau diculik..

Saatnya makan..!!!!! Yang saya cari di Hanok Village adalah Jeonju Bibimbab atau Veteran kalguksu (Mie). Sayangnya gara-gara sampai Jeonju sudah sore, akhirnya harus milih salah satu, dan kami putuskan untuk makan bibimbab saja.

ayo main ayunan duluuuuuuuuu

badanku tipisssssss

in front of Veteran Kalguksu....rada nyesel kenapa milih bibimbab daripada makan disini.. :(

in front of Veteran Kalguksu….rada nyesel kenapa milih bibimbab daripada makan disini.. šŸ˜¦

"This

di depan warung bibimbab..

Selesai urusan makan memakan, kami lanjut ke pasar. PASAR..??? iya pasar…lokasinya dekat dengan Hanok Village. Nyebrang aja, trus di dekat bangunan gate yang berbentuk bangunan lama korea, belok ke kiri. jeng jengg..!!! sampailah kita ke Nambu Market. Selayaknya pasar, dari sayuran, panci, pakaian, semua ada. Yang baru di Nambu Market adalah youth mall nya. Ada satu kawasan di nambu market yang kalo di Jakarta tu Pasar Santa lah…tempat nongkrong, ngopi, pokoknya yang ngeksis-ngeksis gitu. Lokasinya d lantai atas nambu market. Lebih lengkapnya ada disini nih >>> http://nambumarketinjeonju.weebly.com/youth-mall

at Nambu Market..

Tujuan selanjutnya adalah demi memuaskan jiwa fangirl saya. TAEYEON SHRINE..!!!! Dan semua anggota rombongan yang gak ngefans sama SNSD pun harus ikut..Soalnya saya yang bikin itinerary..hahahaha..

Sebenernya ini ruangan kecil di toko EYEBIS, toko kacamata bapaknya SNSD Taeyeon. Letaknya di Saedo Plaza lantai 1. Kesana naik apa..?? TAKSI lagi.. šŸ™‚

Disini kami janjian (lagi) sama HaeJeong eonni. Haejeong eonni adalah temannya Jin Ah eonni. Dulu pernah ke Jogja sekali bareng Jin Ah eonni, dan sempet ketemu+nemenin jalan sebentar. Haejeong eonni aslinya orang Seoul, tapi kerja di goverment Jeonju untuk 2 tahun. Oh iya, Jeonju juga adalah homeland nya Jin Ah eonni. Seluruh keluarganya tinggal di Jeonju. Tapi kemarin gak sempet ke rumah keluarganya sih. Kayanya di Korea gak model kaya di Indonesia yang asal temen bisa berkunjung ke rumah. Dan kata eonni rumah orang tuanya jauh di luar kota Jeonju. Padahal tau sendiri di Jeonju cuma sehari semalam, itupun kepotong perjalanan.

Kisah menemui bapaknya Taeyeon sungguh mudah karena para eonni-deul paham lah kalo kita fans SNSD. PASSS banget itu Mr. Kim ada di toko. Baik banget…ramah juga…kita ditemani ngobrol sebentar di ruangan Taeyeon. Ngobrolnya sama si eonni-deul sih secara kita ora bisa ngomong..Plus, betapa beruntungnya kami, si Bapak bagi-bagi CD album SNSD yang udah DI-TANDATANGANI Taeyeon. Aiihhh….harta karuuunnn..!!! Semua dapet CD satu-satu. Wahhh..tau aja si Bapak taun kemaren saya gak beli CD Mr.Mr..Hahahahaha…

Foto bareng Mr. KIm.....kebanyakan kamera g tau mesti ngadep mana..

Foto bareng Mr. KIm…..kebanyakan kamera g tau mesti ngadep mana..

Lika, Jin Ah eonni, Rifa, HaeJong eonni..

ngisi

ngisi “buku tamu” dulu ya…

Waktu itu langsung merasa bego karena gak bawa apa-apa buat Taeyeon. Apa kek..foto dia pas konser di Indonesia kek..boneka kek..kaos Indonesia kek…! GAK KEPIKIRAN…untung bawa souvenir kecil-kecil dari Jogja, jadi si Bapak saya kasih wayang-wayangan kecil gitu…ya ampun kasih kenang-kenangan 8000 perak buat ganti CD Mr.Mr. bertanda tangan Taeyeon. SHAME šŸ˜¦

Meninggalkan Saedo Plaza kita belanja belanja sejenak di supermaeket terdekat untuk bekal cemil-cemil malam dan sarapan. Malam itu untuk cemilan, selain memang jajan keripik2 Korea, coklat Malay oleh-oleh Machhendra yang sebelum ke Korea ada tugas dulu disana, kami juga buatkan cibay Tasik. Terinspirasi waktu maen ke rumah Rifa di Tasik, tetehnya bikinkan. Ehh enak. Kulit lumpia, tepung kanji, penyedap, kita bawa dari Indonesia. Bawa bubuk cabe tapi ditinggal di terminal (dong dong banget), daun bawang lupa beli, ayam gak ada (bawa abon juga ditinggal di terminal), minyak goreng beli di supermarket. Untung kata para eonni makanannya enak walopun bahannya sebagian gak pake dan isinya berhamburan bocor sana-sini karena kebanyakan isi..

Oh..malam itu kita nginep di flat milik pemerintah. Kalo disini semacam balai diklat. Wow tapi jangan bayangkan kamarnya imut dikasih ranjang sama lemari aja kaya balai diklat disini! Ini apartemen beneran. Ada satu kamar utama dengan kamar mandi dalam yang cukup luas, selimut nya pun banyak jadi kita bisa gelaran selimut di lantai kamar. Di luar kamar ada ruangan besar yang berfungsi jadi tempat makan, ruang keluarga, plus dapur. Ya kaya apartemen lah..Dan kami pake fasilitas ini GRATIS karena HaeJong eonni sebagai pegawai pemerintah punya hak menggunakan fasilitas tersebut jika ada keluarga yang berkunjung. Nah..anggaplah kita ini keluarga. Hahahahaha..

Acara malam isinya ngobrol ngalor ngidul aja. Pagi harinya kami sarapan nasi instan dan curry instant..yang instant-instant emang praktis dan murmer kalo buat jalan-jalan. Sepanjang hari di Jeonju kami iuran kurang lebih 16.000 krw/orang untuk makan, jajan, dan taksi. Bendaharanya HyeRim eonni, jadi kita gak tau harga šŸ™‚