Incredible India…..Because of You, ORIFLAME :)

Setelah lebih dari seminggu keluar dari negerinya Shakhrukh Khan, akhirnya bergerak juga tangan ini untuk neken-neken keyboard. Keburu adeeemmmm….

Oke-oke, saya abis dari India sodara-sodara….perjalanan ke India ini ceritanya perjalanan bisnis. Cieeeee yang akhirnya bisnis ke luar negeri. Hohohoho… jadi ceritanya aku ikut Asia Core Team Competition di ORIFLAME tahun lalu. Tau kan ORIFLAME..??? Yang gak tau atau pengen tau boleh deh langsung PM aja.. 

Gambar
Jadi singkat cerita berangkatlah kita ke India. Harusnya berempat sihhh..tapi karena satu dan lain hal akhirnya hanya berdua aja yang berangkat. Me and Mbak Lala Sukma. Mbak Lala dari Semarang, aku dari Jogja. Jadi kita janjian aja ketemu di SoeTta. Baruuuuu pertama kali nya ke terminal international nya SeoTta..hohoho….terharuuuu

Kalo ORIFLAME emang service nya gak main-main ya buat konsultannya. Pesawat yang kita tumpangi adalah Thai Airlines. Walaupun economy class tapi sempet shock culture juga karena pernahnya naik AirAsia kalo ke luar negeri. Dan karena deket jadi naiknya boeing aja. Yang so simple sekaliii…kursi doank fasilitasnya. Gak pake makan ga pake hiburan. Dan walopun sebenernya ini kaya naik Garuda, tapi berhubung naik Garuda baru sekali dan passs naik Garuda gak ada tipi-tipi nya, jadi gapapa deh saya ndeso untuk penerbangan kali ini. Pertama kali naik airbus yang seatnya sederet ada 8. Seatnya pink dan ungu nan imyutttt. Dikasih makan, snack, minum. Dikasih bantal dan selimut. Dan ada tipinyaaaaaa… 😛

Perjalanan Jakarta-Bangkok kurang lebih memakan waktu 2,5 jam. Gak kerasa donk karena gak bosen. Transit satu jam saja di Suvarnabhumi Airport, Bangkok. Bandaranya modern. Gedeee.. Alhasil waktu satu jam transitnya cuma habis untuk jalan kaki dari pesawat ke pesawat lagi. Jauuuhhhhhh deh pokoknya dari terminal kedatangan ke gate pesawat kedua kami. Sekilo mungkin. Dan saya lagi enggak lebay.

Jauhhh..jauuuhhhh…jaaaauuuuuhhhhhhhh nya menuju tempat transfer counter dan gate C10..

Kami sampai di Indira Gandhi International Airport New Delhi sekitar pukul 9.30 PM waktu setempat (lebih lambat 1,5 jam dari WIB). Liat ada board yang mengninfokan kalo suhu di luar adalah 31 derajat celcius. Ngokk..itu maleeemmm….udah ngakak aja dalam hati. Apa kabar kalo siang,,????

Sesuai rencana, kita mengurus visa on arrival. Karena ada beberapa orang di depan kami, kami butuh satu jam untuk mengurus semuanya. Sebelum keluar bandara, kami menemukan booth Airtel, dan memutuskan untuk membeli satu kartu demi kebutuhan internet. Untuk beli nomer perdana di India, gak bisa seenak jidat kaya di Indonesia yaaaaa….harus ngisi form, ninggalin kopi passport, dan selembar pas photo. Gara-gara aktifitas kami di dalam bandara, supir yang disediakan ORIFLAME untuk menjemput kami jadi harus menunggu 2 jam. Dan begitu di luar bandara, Alhamdulillah ada angin-angin yang bikin gak terlalu berasa 31 derajatnya.

Kami menginap di Vivanta TAJ Hotel di sector 44 Gurgaon. Gurgaon itu sebenarnya udah di luar New Delhi, tapi merupakan daerah perluasan ibu kota Negara. Mungkin kaya Jabodetabek gitu ya…

Sesuai standar ORIFLAME, hotel kami selama di India itu hotel bintang lima. Oh oh ohhhhh…..untung dibayarin kaaannnn…gak kebayang kalo harus bayar sendiri. Soalnya kan biasnya carinya budget hotel, eehhhh sekarang nginepnya di bintang lima. Sesuatu banget kaaaannnn…. 

 

#1st DAY in INDIA…..Qutub Minar, India Gate, and Sarojini Market

Seperti info di atas yaaaaa….kegiatan utama kami ke India kali ini bukan murni karena jalan-jalan. Tapi karena menghadiri Director Conference nya ORIFLAME India. Jadiiii…sebelum agenda utama mulai, harus donk nyisip-nyisipin waktu untuk jalan menikmati India.
Untuk ke New Delhi kita butuh waktu sekitar satu jam, karena jaraknya memang sekitar 30 kilo-an dari Gurgaon. Karena belum mengenal transportasi di sekitar, akhirnya kita memilih naik taksi. Jangan bayangin kaya taksi Indonesia nan mulus dan adem yaaaaaaa….kita taksinya kaya angkot gitu lho…udah gitu dengan jahatnya kita gak dikasih full AC dingin. Cuma sebentar-sebentar dikasih AC abis itu dipanggang lagi di panasnya India yang luar biasa.

Qutub Minar was the best thing that day. Sebenernya kita minta ke taksinya untuk keliling Qutub Minar, Red Fort, Jami’ Masjid, dan Janpath Market/Sarojini Market. Tapi supirnya curang. Kita Cuma dikasih keliling Qutub Minar, India Gate (ga ada di list padahal), dan Sarojini Market. Tuh ya temen-temeeennnn..jangan percaya mulut manis pria-pria kaya supir taksi yang namanya Magtib ini. He was so sweet and kind, tapi abis itu…….uugghhhh…bikin beteee..!!!

Beautiful Qutub Minar...teringat pelajaran tarekh jaman eSeMPe..

Beautiful Qutub Minar…teringat pelajaran tarekh jaman eSeMPe..

Di bawah menara Qutub Minar..Subhanallah...

Di bawah menara Qutub Minar..Subhanallah…

 

Gambar

Sisa-sisa reruntuhan di areal Qutub Minar..still look so beautiful, right..?

Ngambil foto dari angel ini atas saran seorang security….ujung-ujung nya si bapak minta tip….hedeeehhhhh….

Gambar

India Gate yang awalnya gak masuk list perjalanan..untung ini icon New Delhi, jadi bolehlah dimaafkan..

Setelah perjalanan pertama itu, malamnya mulai deh acara resminya. Dimulai dari welcome dinner Director Conference Oriflame India 2014 sampai Gala Dinner di hari ke-3. Tapi tetep donk nyisipin waktu lagi buat jalan.

 

Kostum Welcome Dinner Director Conference Oriflame India 2014 at Hyatt Regency Gurgaon

Kostum Welcome Dinner Director Conference Oriflame India 2014 at Hyatt Regency Gurgaon

 

#2nd DAY…..Conference Day
Setelah welcome dinner di hari pertama, acara director conference berlangsung mulai pagi hari berikutnya. Selain share ilmu dan motivasi baik dari Jesper Martinsson, Executive Vice President Global Sales & Markets and Deputy CEO Oriflame, maupun dari leader-leader Oriflame India, hari itu juga merupakan hari recognisi untuk rombongan Indonesia, Mariposa Team, sebagai winner of Asia Core Team Competition yang berlangsung akhir tahun 2013 lalu. Bangga rasanya berdiri di depan leader-leader oriflame India, yang salah satunya juga merupakan leader nomer satu nya Oriflame Asia.

Recognisi oleh Niklas Frisk, Vice Precident and Head of South Asia and MD Oriflame India

Selain itu, di hari itu Oriflame India juga menyalurkan bantuan untuk Deepalaya’s Girl Child Education Program. Program ini ditujukan untuk anak-anak perempuan dari keluarga tidak mampu dan masih terpinggirkan untuk terus meneruskan sekolah, bahkan mengusahakan beasiswa untuk belajar selama satu tahun di USA untuk meningkatkan kemampuan dan pengalaman mereka, dengan harapan anak-anak perempuan ini akan menjadi mandiri. Oriflame India sudah 8 tahun berpartisipasi dalam program Deepalaya School ini dan pada director conference hari itu juga menyerahkan bantuan senilai 60 juta rupee atau sekitar 1,2 miliar rupiah. WOWW..!!!!!

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada Deepalaya School....sesi ini sumpah bikin banjir air mata...... T.T

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada Deepalaya School….sesi ini sumpah bikin banjir air mata…… T.T

#3rd DAY…..Red Fort

Red Fort adalah destinasi yang tertunda. Dan kayanya tetep wajib dikunjungi di Delhi. Dari Gurgaon sekali lagi kami naik taksi. Kali ini taksi nya ber-argo. Mending lah dibanding taksi nya Mr. Magtib. Jarak sejauh hampir 50 km dari Hyatt Regency tempat acara berlangsung sampai Red Fort ditempuh kurang lebih satu jam. Atau mungkin satu setengah jam ya..? hahahaha……dan finallyyyy,,RED FORT sodara-sodara..!!! Meraaahhhh…luaassss…..vintage…..daaaaannnnn…ternyata terletak di seberang Chadni Chowk ituuuuu…yang di Kabhi Kushi Kabhi Gam….

Red Fort dari samping depan.....bener-bener RED ya... :)

Red Fort dari samping depan…..bener-bener RED ya… 🙂

Salah satu bangunan di kompleks Red Fort..lengkung tiang-tiangnya khas peninggalan Islam..

Salah satu bangunan di kompleks Red Fort..lengkung tiang-tiangnya khas peninggalan Islam..

Salah satu sudut teduh di Red Fort. Bisa duduk-duduk sambil gelaran tikar juga lhooo...

Salah satu sudut teduh di Red Fort. Bisa duduk-duduk sambil gelaran tikar juga lhooo…

dari sudut ini bakal keliahatan banyak burung-burung hitam beterbangan. G tau burung gagak atau burung dara.. :p

dari sudut ini bakal keliahatan banyak burung-burung hitam beterbangan. G tau burung gagak atau burung dara.. :p

Kalo mau cari beberapa souvenir bisa juga disini. Walaupun toko nya ada di dalam kompleks Red Fort, harganya cukup terjangkau....SERIUS..!!!

Kalo mau cari beberapa souvenir bisa juga disini. Walaupun toko nya ada di dalam kompleks Red Fort, harganya cukup terjangkau….Ati-ati kalap…….SERIUS..!!!

Red Fort ini terletak di Old Delhi. Kalo mau kesini dengan murah tanpa taksi, bisa dengan metro (commuter line nya Delhi). Deket lah sama Red Fort ini. Kalo malas jalan bisa naik rickshaw atau auto (bajaj). Kemarin sih karena keliatan turis banget kita kena Rps 100 dari Red Fort ke dekat stasiun metro. Lumayan lah..berdua 20 rebong aja.

Dari stasiun metro Chandni Chowk ke pemberhentian terakhir Huda City Center, gak sampe Rps 70 berdua. Tet tooottttt..bandingkan sama taksi yang rps 23/km. Dannnn…..hotel kami, Vivanta TAJ ituuuuu….keliataaaannnnn banget lho dari stasiun metro. Jalan kakiiiiiiii……

#4th DAY…..Jami’ Mosque and Chandni Chowk

Niatnyaaaaa…..jauh-jauh hari dari Indonesia, udah bertekad, mau ke TAJ MAHAL..!!! udah jauh-jauh sampe India lhoooo….rasanya kan kaya ke Perancis tapi gak ke Eifel. Hahahahaha….tapiiiii….waktu yang mepet…gambling transportasi….terbatas uang saku kalo mau naik taksi lagiiiiii dan jarak Delhi-Agra itu kurang lebih 200km. Bayangin tagihannya… 

Dan akhirnya…..abis last breakfast bareng teman-teman dari Oriflame India, kita melanjutkan perjalanan menujuuuuuuu  OLD DELHI kembali…hehehehe…..tujuannya adalah Jami’ Mosque dan pasar Chandni Chowk. Oh…juga mampir ke beberapa mall di MG Road cari oleh-oleh khusus, Buku Cerita Winnie The Pooh versi India. Sampe MG Road kepagian. Jam setengah 11 kurang kita udah sampai. Padahal mall nya buka jam 11….jadilah kita ke Chandni Chowk dulu.

 

Metro metro metro...!!! pilihan utama perjalanan dalam kota New Delhi. Murah dan gak ada tipu-tipu....

Metro metro metro…!!! pilihan utama perjalanan dalam kota New Delhi. Murah dan gak ada tipu-tipu….

 

Di tengah jalan menuju Jami’ Mosque, entah beruntung entah buntung, naik richkshaw lah kita. Dengan memperkirakan jarak berpatokan sama jarak Red Fort-Stasiun, kita siapkan lah Rps. 200 untuk bayar itu becak sampai depan Jami’ Mosque. Ehhh..si bapak gak mau. Katanya mau nunggu aja. Bayarnya nanti aja. You are my guest, you happy I’m happy. Blehhh…besok kalo ketemu yang model begini jangan percaya ya ibu-ibuuuu…

Jami’ Mosque tangganya tinggi. Bangunannya berbentuk kotak dengan halaman luas di tengah-tengah nya. Tempat wudhu nya juga di tengah-tengah halaman itu. Siang itu sumpah gak ketulungan panasnya. Jalan-jalan setapak dari kain yang diperuntukkan untuk menyeberang antar sisi bangunan pun udah kerasa panasnya. Cuma 2 meter jalan tanpa alas aja bikin kaki terasa kebakar sampai hari selanjutnya. Gak berani bayangin panasnya neraka deh…..naudhubillahi min dzalik..

Penampakan Jami' Mosque dari depan. Halamannya ada di dalam. Jangan mau kalo disuruh nitip sendal sama yang jaga masjid, ujung-ujung nya bakal dimintai tip..

Penampakan Jami’ Mosque dari depan. Halamannya ada di dalam. Jangan mau kalo disuruh nitip sendal sama yang jaga masjid, ujung-ujung nya bakal dimintai tip..

 

Gak lama-lama di Jami’ Mosque. Rencananya mau sholat sekalian, tapi liat tempat wudhu yang di tengah itu langsung deh setan-setan berhasil membatalkan niat suciku…halah

Halaman dalam yang karena musim panas lantainya ikutan panas….beserta tempat wudhu di tengah-tengah yang bikin batal pengen wudhu disana…

Oh iya, entah ini kami kena sial lagi atau memang begitu adanya, untuk masuk Jami’ Mosque kami ditarik Rps 300/orang. Kalo tempat wisata lain seperti Qutub Minar dan Red Fort sih ada loket resminya, dan karena gak berani boong, kita bayar tiket foreigner Rps 250/orang sekali masuk. Kalo masuk masjid ini, kita Cuma dikasih karcis kecil bertuliskan Rps. 300. Yaw is lah yaaa…udah sampe mosok gak masuk. Cuma kalo diinget2 kayanya masih ganjil aja ampe sekarang. Mesjid lho iniiii…masjid..

Dengan becak nya entah siapa namanya gak mau nginget-inget, kami blusukan masuk pasar Chandni Chowk. Melewati toko-toko kain di dalam pasar, aneka aksesories bling bling India, sampai toko rempah-rempah yang baunya aduhaiiii enaknya. Sempet kebeli deh akhirnya balsem India titipan khusus nya Mbak Normasari dan  masala tea buat Mamah Oca..

dibawa bapak becak blusukan pasar Chandni Chowk..

dibawa bapak becak blusukan pasar Chandni Chowk..

Toko kain yang kami singgahi….si bapak gak selese-selese ngeluarin dagangan….sampe harus kita stop biar mata gak ikutan ngiler pengen beli semua…

Setelah beli sedikit oleh-oleh, akhirnya kami memutuskan kembali ke hotel. Duit habis sudah. Dan bagian paling nyesek akhirnya tiba juga, karena waktu ditanya kami harus bayar berapa, si bapak becak dengan entengnya kita ditarik bayar Rps 2500. Hinggggg……miskin serius-an..

 

 

Iklan

4 thoughts on “Incredible India…..Because of You, ORIFLAME :)

      • Jadi inget di Mumbai dibela-belain lewat rumahnya Shahrukh Khan, Aishwarya Rai, Amitabh Bachchan hahaha… maksain banget ya, padahal pada ga kenal film bollywood, tp host lokalnya yang ngebet…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s